Rabu, 31 Mei 2017

Terombang Ambing di Lautan 4 Hari, Nahkoda Kapal Berhasil Selamat

segalainformasi.com | Terombang Ambing di Lautan 4 Hari, Nahkoda Kapal Berhasil Selamat - Nelayan Kepulauan Riau mendapatkan nakhoda KLM Surya Mentari II yang mengangkut minuman kaleng tenggelam di kurang lebih perairan Pulau Sayak lebih dari satu saat lalu. Nakhoda bernama Mangandro (52) itu ditemukan di laut dalam situasi hidup.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno mengatakan, dia telah mendapat laporan dari anak buahnya terkait nakhoda kapal dalam situasi selamat tersebut.

Terombang Ambing di Lautan 4 Hari, Nahkoda Kapal Berhasil Selamat


"Yang mendapatkan nakhoda itu adalah nelayan penduduk Pulau Lalang dalam situasi hidup. Kejadian itu dilaporkan ke Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut Agus Yudho Kristianto," kata Laksamana Pertama Eko, Rabu (31/5) malam.

Mangandro di awalnya tenggelam dengan kapal dan 6 orang Anak Buah Kapal bernama Tjahyo (KKM), Aria (Kelasi), Suhendi Priyatno (Kelasi), Wahid Mutako (Kelasi) dan Darwis (Kelasi) dan juga Firmansyah sebagai koki.

"Mereka semua dalam situasi hidup dan telah dibawa ke Pos Polair Sungsang Sumatera Selatan. Sedangkan yang belum ditemukan satu orang atas nama Firmansyah sebagai koki di kapal tersebut," ujarnya.

Nelayan Pulau Lalang yang mendapatkan nakhoda kapal itu di antaranya Arzakani, M Amin, Rizki dan Iyan. Ketika itu mereka baru selesai mengangkat bubu penangkap ikan, dan akan merapat ke pinggir dekat Pulau Sayak.

"Saat itu mereka mendapatkan Mangandro nahkoda KLM Surya Mentari II yang tenggelam lebih dari satu hari yang lalu," ucapnya.

Setelah ditemukan, mereka membawa korban ke Pulau Lalang pada Selasa malam pukul 20.00 Wib ke daratan. Kemudian dibawa ke rumah salah seorang pengusaha kapal ikan di pulau Lalang fungsi pemulihan situasi fisiknya.

Berdasarkan koordinasi antara Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto dengan kepala desa Pulau Lalang, pengantaran nahkoda malam itu tidak bisa ditunaikan dikarenakan situasi cuaca dan air laut situasi surut.

Sehingga Danlanal Dabo Singkep lakukan penjemputan pada Rabu (31/5) dengan manfaatkan Patkamla Kuala Gaung punya Lanal Dabo Singkep dari Pulau Lalang untuk setelah itu dibawa ke Posko SAR TNI AL Dabo Singkep.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan laut yang menimpa kapal Surya Mentari II bertonage 111 GT merupakan model Kapal Layar Motor (KLM) cargo, pada Sabtu (27/5). ‎Kapal berbendera Indonesia dengan nahkoda Mangandro itu membawa muatan 25.000 kotak minuman kaleng. 

Kapal itu juga berisikan 8 orang ABK dan yang baru diselamatkan sebanyak 7 orang di antaranya dalam situasi hidup.‎ Sedangkan 1 orang belum ditemukan tetap dalam pencarian Tim SAR Gabungan dengan penduduk setempat. 

Sumber Referensi :
https://www.merdeka.com/peristiwa/hanyut-4-hari-di-laut-nakhoda-kapal-ditemukan-selamat.html

Informasi terbaru hari ini mengenai berita indonesia, sepakbola, moto gp, kesehatan, berita internasional dan lain-lain.


EmoticonEmoticon